Standar Pelayanan

STANDAR PELAYANAN
PADA BALAI LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT BANJARNEGARA

 

1. Standar Pelayanan Pemeriksaan dan Pengujian di Instalasi Mikrobiologi dan Biomolekuler

NO KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pelayanan Sudah melakukan proses pendaftaran
2 Prosedur Pelayanan 1.        Pelanggan mengisi dan menyerahkan formulir permintaan pemeriksaan/pengujian kepada petugas layanan pelanggan (online/offline)

2.        Pelanggan menyerahkan sampel kepada petugas layanan pelanggan

3.        Pemeriksaan sampel

4.        Petugas layanan pelanggan mengirim LHU kepada pelanggan

3 Waktu pelayanan 1.        Pemeriksaan/pengujian metode mikrobiologi (Pengecatan gram, Uji kultur E coli): 7 hari

2.        Pemeriksaan/pengujian metode biomolekuler (Leptospirosis, dengue, zika, chikungunya, west nile virus, Covid-19, Serotyping dengue, Malaria, Filaria, Resistensi insektisida, Japanese enchepalitis, Rickettsia): 4 hari

4 Biaya/tarif Sesuai Tarif PNBP
5 Produk pelayanan Laporan Hasil Uji
6 Pengelolaan pengaduan 1.        Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id

2.        Telp: (0286) 594972

3.        Fax    : (0286) 594972

4.        SP4N LAPOR (lapor.go.id)

5.        link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan

 

 

2. Standar Pelayanan Uji Silang/Uji Banding di Instalasi Mikrobiologi dan Biomolekuler

NO KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pelayanan Sudah melakukan proses pendaftaran
2 Prosedur Pelayanan 1.    Pelanggan mengirimkan surat permintaan uji silang/uji banding ditujukan kepada Kepala Balai Labkesmas Banjarnegara.

2.    Kepala Balai membuat disposisi untuk melakukan pelayanan uji silang/uji banding.

3.    Kepala Instalasi berkoordinasi dengan pelanggan tentang protokol teknis pemeriksaan/pengujian.

4.    Pelanggan menyerahkan sampel kepada petugas layanan pelanggan

5.    Petugas layanan pelanggan menyerahkan sampel dan nomor sampel kepada kepala instalasi

6.    Kepala Instalasi menyerahkan sampel dan protokol pemeriksaan/pengujian yang telah disepakati dengan pelanggan kepada penguji

7.    Proses pemeriksaan

8.    Petugas layanan pelanggan mengirim LHU kepada pelanggan

3 Waktu pelayanan 1.    Pemeriksaan/pengujian metode mikrobiologi (Pengecatan gram, Uji kultur E coli): 7 hari

2.    Pemeriksaan/pengujian metode biomolekuler (Leptospirosis, dengue, zika, chikungunya, west nile virus, Covid-19, Serotyping dengue, malaria, filaria, Resistensi insektisida, Japanese enchepalitis, Rickettsia): 4 hari

4 Biaya/tarif Sesuai Tarif PNBP
5 Produk pelayanan Laporan Hasil Uji
6 Pengelolaan pengaduan 1.    Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id

2.    Telp: (0286) 594972

3.    Fax    : (0286) 594972

4.    SP4N LAPOR (lapor.go.id)

5.    link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan

 

3. Standar Pelayanan Pemeriksaan di Instalasi Kesehatan Lingkungan, Vektor, dan Binatang Pembawa Penyakit

NO KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pelayanan Sudah melakukan proses pendaftaran
2 Prosedur Pelayanan 1.    Pelanggan mengisi dan menyerahkan formulir permintaan pemeriksaan/pengujian kepada petugas layanan pelanggan (online/offline)

2.    Pelanggan menyerahkan sampel kepada petugas layanan pelanggan

3.    Pemeriksaan sampel

4.    Petugas layanan pelanggan mengirim LHU kepada pelanggan

3 Waktu pelayanan 1.    Identifikasi vektor dan binatang pembawa penyakit (larva nyamuk, nyamuk dewasa, tikus, pinjal, lalat): 3 hari

2.    Uji kerentanan vektor terhadap insektisida (WHO impregnated paper, CDC bottle): 3 hari

4 Biaya/tarif Sesuai Tarif PNBP
5 Produk pelayanan Laporan Hasil Uji
6 Pengelolaan pengaduan 1.    Email : labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id

2.    Telp   : (0286) 594972

3.    Fax    : (0286) 594972

4.    SP4N LAPOR (lapor.go.id)

5.    link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan

 

4. Standar Pelayanan di Instalasi Patologi Klinik dan Imunologi

NO KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pelayanan Sudah melakukan proses pendaftaran
2 Prosedur Pelayanan 1.    Pelanggan mengisi dan menyerahkan formulir permintaan pengujian kepada petugas layanan pelanggan (online/offline)

2.    Pelanggan menyerahkan sampel kepada petugas layanan pelanggan

3.    Proses pemeriksaan

4.    Petugas layanan pelanggan mengirim LHU kepada pelanggan

3 Waktu pelayanan 1.    Identifikasi parasit secara mikroskopis (filaria, malaria, kecacingan, Cryptosporidium, Trypanosoma): 7 hari

2.    Uji serologis (Toksoplasma, Rubella, CMV, Herpes simplex, Japanese encephalitis, DBD): 7 hari

4 Biaya/tarif Sesuai Tarif PNBP
5 Produk pelayanan Laporan Hasil Uji
6 Pengelolaan pengaduan 1.    Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id

2.    Telp: (0286) 594972

3.    Fax    : (0286) 594972

4.    SP4N LAPOR (lapor.go.id)

5.    link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan

 

5. Standar Pelayanan di Instalasi Sarana dan Prasarana, Kalibrasi, dan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna

NO KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pelayanan Sudah melakukan pendaftaran dan menyiapkan dokumen pendukung.
2 Prosedur Pelayanan 1.    Pelanggan mengisi dan menyerahkan formulir permintaan layanana kepada petugas layanan pelanggan (online/offline)

2.    Pelanggan menyerahkan dokumen permintaan layanan kepada petugas layanan pelanggan

3.    Layanan Pelanggan dan tim instalasi melakukan kaji ulang permintaan layanan

4.    Proses layanan kepada pelanggan

5.    Petugas layanan pelanggan mengirim surat keterangan kepada pelanggan

3 Waktu pelayanan Pendampingan Teknis/magang : 1-3 hari
 4 Biaya/tarif Sesuai Tarif PNBP
5 Produk pelayanan Rancangan model/metode/hasil magang
6 Pengelolaan pengaduan 1.    Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id

2.    Telp: (0286) 594972

3.    Fax    : (0286) 594972

4.    SP4N LAPOR (lapor.go.id)

5.    link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan

 

6. Standar Pelayanan Jasa Penggunaan Sarana Dan Prasarana Gedung Multimedia

NO KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pelayanan Pelanggan telah mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Balai
2 Prosedur Pelayanan 1.    Surat permohonan dikirimkan ke Kepala Balai Labkesmas

2.    Disposisi Kepala Balai ke Kasubbag adum untuk memberikan layanan

3.    Proses jasa penggunaan sarana dan prasarana

4.    Pelanggan membayar biaya layanan

3 Waktu pelayanan Tentative
4 Biaya/tarif Sesuai Tarif PNBP
5 Produk pelayanan Layanan jasa penggunaan sarana dan prasarana Gedung Multimedia
6 Pengelolaan pengaduan 1.    Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id

2.    Telp: (0286) 594972

3.    Fax    : (0286) 594972

4.    SP4N LAPOR (lapor.go.id)

5.    link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan

 

7. Standar Pelayanan Latihan Kerja

NO KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pelayanan Pelanggan telah mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Balai
2 Prosedur Pelayanan 1.    Pelanggan mengirimkan surat permohonan ke Kepala Balai Labkesmas

2.    Pelanggan menerima dan menyetujui jadwal magang, estimasi biaya dan prosedur pembayaran

3.    Pelanggan mendapatkan pelayanan

4.    Pelanggan memperoleh surat keterangan

3 Waktu pelayanan Tentative
4 Biaya/tarif Sesuai tarif PNBP
5 Produk pelayanan Layanan Latihan kerja
6 Pengelolaan pengaduan 1.    Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id

2.    Telp: (0286) 594972

3.    Fax    : (0286) 594972

4.    SP4N LAPOR (lapor.go.id)

5.    link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan

 

8. Standar Pelayanan Surveilans berupa Layanan Deteksi Dini, Respon Kejadian Penyakit dan Faktor Risiko Peningkatan Kasus Penyakit

NO KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pelayanan Pelanggan telah mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Balai
2 Prosedur Pelayanan 1.    Issue dari masyarakat dan media massa yang meresahkan tentang KLB

2.    Surat permohonan dikirimkan ke Kepala Balai Labkesmas

3.    Surat balasan dikirimkan dari pemohon

4.    Pelaksanaan survei KLB

5.    Pengujian laboratorium hasil survei

6.    Penyerahan laporan hasil survei kepada pemohon

3 Waktu pelayanan Pengambilan sampel 4 hari

Pengujian tergantung jenis dan jumlah sampel uji

4 Biaya/tarif Berkenaan dengan layanan surveilans tidak dikenakan tarif PNBP termasuk dalam pemeriksaan laboratorium yang dilakukan
5 Produk pelayanan Laporan dan rekomendasi
6 Pengelolaan pengaduan 1.    Email: labkesmasbanjarnegara@kemkes.go.id

2.    Telp  : (0286) 594972

3.    Fax    : (0286) 594972

4.    SP4N LAPOR (lapor.go.id)

5.    link.kemkes.go.id/pengaduanpelanggan

 

Standar Pelayanan dapat di unduh di sini:

Standar Pelayanan Balai Labkesmas Banjarnegara

Print Friendly, PDF & Email