Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima

Dalam rangka meningkatkan budaya pelayanan prima di Balai Litbangkes Banjarnegara pada tanggal 16 Juli 2021 telah dilaksanakan sosialisasi budaya pelayanan prima untuk seluruh pegawai Balai Litbangkes Banjaregara.

Acara dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting, materi disampaikan oleh koordinator pokja 6 Peningkatan kualitas Layanan Publik Tim ZI Balai Litbangkes Banjarnegara Nur Sholihatin.

Pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang diberikan sesuai dengan standar pelayanan, yang memuaskan dan sesuai harapan atau melebihi harapan pengguna layanan. untuk dapat mengetahui apakah layanan yang sudah diberikan memenuhi keinginan pengguna layanan atau belum maka perlu dilaksanakan survei kepuasan masyarakat yang telah diatur dalam Permenpan No. 14 Tahun 2017.

hal-hal yang biasanya menjadi harapan pengguna layanan adalah :
• Memperoleh kejelasan informasi pelayanan
• Rasa nyaman dan aman
• Segera dapat dilayani
• Dilayani oleh petugas yang profesional
• Dilayani dengan adil
• Dipahami keinginannya
• Mudah menghubungi petugas

Harapan pengguna diataslah kemudian yang menjadi dasar untuk pembuatan standar pelayanan, standar pelayanan sendiri menurut Permenpan Nomor 15 Tahun 2014 adalah Tolak ukur yang digunakan sebagai rujukan mutu pelayanan yang akan diberikan/dijanjikan kepada individu/masyarakat.

Pelayanan yang sudah sesuai dengan standar atau bahkan melebihi dari standar pelayanan inilah yang dinamakan pelayanan prima, pelayanan prima ini perlu dibudayakan dengan cara ditetapkan-diterapkan-dibiasakan kemudian dibudayakan.

dengan adanya sosialisasi budaya pelayanan prima ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Balai Litbangkes Banjarnegara.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *