Diseminasi Hasil Penelitian Peningkatan Status Kesehatan Ibu dan Anak Melalui Pendekatan Satu Biyung Satu Kader (SaBu SaKa) di Kabupaten Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara dalam beberapa tahun terakhir masih dikategorikan kabupaten bermasalah kesehatan. Nilai indeks IPKM pada tahun 2013 berada pada peringkat urutan 32 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan tahun 2018 menjadi juru kunci terbawah dari 35 kabupaten. Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Banjarnegara selama periode 2016 – 2017 mengalami kenaikan cukup signifikan, Tahun 2016 sebesar 120,3 per 100.000 kelahiran hidup dan Tahun 2017 sebesar 137,66 per 100.000 KH. Sedangkan Angka Kematian Bayi (AKB) juga masih tergolong tinggi, pada Tahun 2016 sebesar 13,16 per 1000 KH dan Tahun 2017 sebesar 13, 37 per 1000 KH. (Buku Saku Kesehatan 2018)

Upaya kesehatan ibu dan anak merupakan upaya dibidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi dan anak balita serta anak pra sekolah. Pemberdayaan dibidang KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) merupakan upaya memfasilitasi masyarakat untuk membangun sistem kesiagaan masyarakat dalam upaya mengatasi situasi gawat darurat dari aspek non klinis terkait kehamilan dan persalinan.
Program SaBu SaKa ini merupakan pengembangan dari program inovasi One Client One Kader (OCOK) dari Puskesmas Pejawaran. Program Satu Biyung Satu Kader (SaBu SaKa) ini menggunakan pendekatan continuity of care pada ibu hamil yang merupakan kegiatan pendampingan ibu mulai dinyatakan hamil sampai masa nifas. Kader dalam hal ini adalah seseorang warga desa, telah dilatih tentang SaBu SaKa, dan tinggal di dekat ibu hamil untuk mendampingi ibu hamil yang sudah terdata oleh puskemas.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 51 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Litbang Kesehatan, Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Banjarnegara merupakan salah satu UPT Badan Litbangkes yang berkedudukan di Banjarnegara yang mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan kesehatan. Balai Litbangkes Banjarnegara mempunyai beberapa fungsi diantaranya pelaksanaan penelitian dan kajian di bidang kesehatan dan keunggulan tertentu, serta pelaksanaan desiminasi, publikasi, dan advokasi hasil penelitian dan pengembangan kesehatan.

Balai Litbangkes Banjarnegara melaksanakan kegiatan diseminasi hasil penelitian “Peningkatan Status Kesehatan Ibu dan Anak Melalui Pendekatan Satu Biyung Satu Kader (SaBu SaKa) di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020” pada hari Senin 24 Mei 2020, kegiatan tersebut di hadiri peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dan Tujuh Puskesmas yang menjadi lokasi penelitian.

Tujuh puskesmas yang menjadi lokasi penelitian adalah Puskesmas Batur I, Puskesmas Wanayasa I, Puskesmas Kalibening I, Puskesmas Susukan I, Puskesmas Klampok II, Puskesmas Bawang I, dan Puskesmas Sigaluh I.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *