Pelatihan Pengambilan Sampel Swab untuk Pemeriksaan Covid-19

Balai Litbangkes Banjarnegara pada tanggal 10 Februari 2021 menyelenggarakan Pelatihan pengambilan sampel swab untuk pemeriksaan Covid-19 dengan Narasumber dari B2P2VRP Salatiga.
Pelatihan ini diikuti oleh Peneliti dan Litkayasa Balai Litbangkes Banjarnegara secara luring dan daring. Acara awali dengan sambutan dari Kepala Balai Litbangkes Banjarnegara. dalam sambutannya Kepala Balai Litbangkes Banjarnegara menyampaikan bahwa maksud dari pelatihan ini adalah sebagai persiapan pemeriksaan rapid antigen terhadap intern balai dan sebagai persiapan untuk menjadi laboratorium pemeriksa Covid 19 dengan metode RT PCR.
Narasumber dalam pelatihan ini adalah dr. Wimbi Kartika Ratnasari dari B2P2VRP Salatiga yang menyampaikan bagaimana alur pengambilan Spesimen Swab nasofaring dan Orofaring di Lingkungan B2P2VRP Salatiga.
Setelah materi kemudian dilanjutkan dengan praktik, mulai dari persiapan bahan, pemakaian APD yang benar sampai dengan pengambilan sampel swab nasofaring dan orofaring serta cara pengemasan sampel. Praktik pengambilan sampel dilakukan oleh tiga orang pegawai Balai Litbangkes Bajarnegara (dokter dan analis) yaitu dr.Silvia Apriliana, Novia Trias, dan Isya Fikria.
Selain praktik pengambilan sampel untuk PCR juga dilakukan praktik pengambilan sampel untuk pemeriksaan rapid antigen dengan dua orang probandus.
Dengan diadakanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengambilan sampel Covid 19.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *