Tes Executive Brain Assesment (EBA)

Banjarnegara (16/7), Pada tanggal 16 Juli 2019 Balai Litbangkes Banjarnegara melaksanakan Tes Executive Brain Assesment (EBA) yang diikuti oleh Pejabat Administrasi dan Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional Teknis, Fungsional Umum dan seluruh pegawai Balai Litbangkes Banjarmegara di gedung multimedia.

EBA adalah tes identifikasi potensi otak individu yang mendasari kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kepemimpinan seseorang dalam aktivitasnya di organisasi. Unsur-unsur yang dinilai adalah dominasi otak, modalitas belajar dan gaya berpikir.

Penilaian EBA bertujuan menggali potensi individu melalui identifikasi kemampuan eksekutif otak yang berkaitan dengan kebutuhan pekerjaan. Hasil penilaian dapat memberikan gambaran kekuatan SDM bagi organisasi untuk memberikan dasar yang kuat dalam menyusun dan mengevaluasi langkah-langkah strategis dalam membangun sebuah organisasi.

Bapak Sri Suryanto dari Pusat Analisis dan Determinan Kesehatan (PADK) Kemenkes RI dalam paparannya sebelum tes EBA dimulai mengatakan bahwa tes EBA dikembangkan untuk digunakan dalam penilaian kapabilitas dan integritas pegawai. karena setiap pegawai memiliki keunikan otaknya masing-masing. Pengenalan keunikan otak diri sendiri akan menjadi bekal bagi setiap pegawai untuk mengelola dirinya sendiri. Kemampuan mengelola diri sendiri merupakan titik awal untuk mampu mengelola orang lain (managing people). Dan akhirnya, kemampuan mengelola diri sendiri dan orang lain adalah kunci sukses mengelola organisasi.

Hasil penilaian terhadap seluruh pegawai ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pimpinan dalam perubahan manajemen SDM agar sesuai dengan kompetensi masing-masing, sehingga pelayanan semakin baik dan optimal. (ns)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *