PERTEMUAN ILMIAH BERKALA TAHUN 2017

BANJARNEGARA – Kegiatan rutin tahunan Pertemuan Ilmiah Berkala (PIB) Balai Litbang P2B2 Banjarnegara tahun 2017 dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 8-9 November 2017 bertempat di Gedung Multi Media Balai Litbang P2B2 Banjarnegara. Pertemuan Ilmiah Berkala kali ini bertema “Permasalahan Leptospirosis dan Upaya Pengendaliannya” dan dihadiri oleh total 59 orang yang terdiri dari pegawai Balai Litbang P2B2 Banjarnegara, 1 orang perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dan DIY dan peserta dari perguruan tinggi, serta tamu undangan.

Acara dibuka oleh Sekretaris Badan Litbangkes diwakili oleh Kepala Balai Litbang P2B2 Banjarnegara sekaligus launcing program Si Yani yang merupakan fasilitas terbaru di website Balai Litbang P2B2 Banjarnegara hasil program proyek perubahan dari Ibu Dewi Marbawati pada penugasan diklat pim IV. Paparan pertama dibawakan oleh Bpk. Sunaryo, SKM, M.Sc dengan judul “Penelitian Leptospiriosis oleh Balai Litbang P2B2 Banjarnegara” dimoderatori oleh Ibu Dyah Widiastuti, S.Si, M.Sc. Acara dilanjutkan dengan pembinaan terkait proposal penelitian 2018 dan diskusi tentang buku oleh Prof. Dr M Sudomo sebagai penutup acara pada hari pertama.

Acara hari kedua terdiri dari 2 panel. Panel 1 dimoderatori oleh Prof. Dr M Sudomo dengan pemeteri dr Tatik Murhayati, M.kes dari Dinas Kesehatan Prov Jateng menyampaikan tentang “Situasi penyakit bersumber binatang di Jawa Tengah” dilanjutkan dengan materi “Peran penelitian dalam penanggulangan leptospirosis” oleh Dr Ristiyanto, M.Kes. Setelah coffe break dilanjutkan Panel 2 dengan moderator Ibu Tri Ramadhani. Materi pertama pada  panel 2 disampaian oleh dr. Nur Farhanah (RSUP dr. Kariadi) dengan judul “LEPTOSPIROSIS GAMBARAN KLINIS DAN PENGELOLAAN”. Dilanjutkan materi berjudul “Penegakan Diagnostik Laboratorium Leptospirosis” oleh Dr Iva Puspitasari (Rsup Dr Kariadi). Acara selanjutnya adalah diskusi dan tanya jawab serta disambung dengan rencana tindak lanjut.

Print Friendly, PDF & Email