Kunjungan Kader Jumantik Wilayah Kerja Puskesmas II Banjarnegara

IMG_8775

Awal bulan Agustus 2017, Balai Litbang P2B2 Banjarnegara menerima kunjungan kader jumantik sejumlah 80 orang dari desa dan kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Banjarnegara 2, yang dilaksanakan 2 gelombang, tepatnya pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2017. Peserta sebagian besar terdiri dari ibu – ibu kader kesehatan yang sedikit berbeda latar belakangnya. Ada yang berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga, dan ada yang berprofesi sebagai perangkat desa/kelurahan. Kader kesehatan yang hadir memiliki tugas utama sebagai kader jumantik untuk program pengendalian DBD. Walau demikian, mereka secara umum bertugas membantu penyebaran informasi dan pelaksanaan program kesehatan secara keseluruhan di wilayah kerja di tempat tinggalnya masing – masing.

IMG_8786

Sebelum mengunjungi beberapa laboratorium di  Instalasi Terpadu Balai Litbang P2B2 Banjarnegara, peserta juga disuguhi film tentang anti korupsi dan sosialisasi terkait Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Studio Multimedia Balai Litbang P2B2 Banjarnegara. Selanjutnya, ditayangkan dokumentasi hasil penelitian yang sudah dikemas menarik dalam bentuk film berdurasi 25 menit, produksi Balai Litbang P2B2 Banjarnegara. Pada adegan awal film tersebut, ditayangkan cerita singkat tentang penularan leptospirosis di masyarakat, dimana pemeran – pemerannya adalah pegawai dan karyawan Balai Litbang P2B2 Banjarnegara. Film tersebut mendapat tanggapan yang positif dari peserta kunjungan. Demikian pula setelah selesai mengikuti materi yang disampaikan oleh Ibu Tri Ramadhani, SKM, M.Sc tentang nyamuk, yang juga disajikan secara sederhana dan mudah dipahami.

Pada kunjungan tersebut, peserta mendapatkan materi dan informasi seputar hasil – hasil penelitian dan ilmu pengetahuan yang disampaikan secara sederhana, disesuaikan dengan tujuan dan karakteristik kader. Materi meliputi mengenal bagian tubuh nyamuk, perkembangan hidup nyamuk, cara penangkapan jentik dan nyamuk serta pengenalan tanaman – tanaman yang dikenal dapat mengusir nyamuk serta tanaman berkhasiat obat. Pada acara penutupan, peserta menyampaikan pesan dan kesan selama melakukan kunjungan tersebut. Diantaranya, peserta merasa sangat senang mendapat ilmu pengetahuan baru khususnya tentang nyamuk dan tanaman obat. Selain itu, peserta juga merasa terkesan dengan pelayanan dan pendampingan dari petugas dan seluruh pegawai Balai Litbang P2B2 Banjarnegara. Bahkan peserta juga mengusulkan agar kegiatan tersebut dapat sering dilaksanakan bagi kader kesehatan, sehingga hasil – hasil penelitian maupun informasi dan ilmu pengetahuan baru dapat diketahui dan disebarluaskan oleh masyarakat umum.

IMG_8782

Print Friendly, PDF & Email