RAPAT KERJA BALAI LITBANG P2B2 BANJARNEGARA 2016

Dalam rangka menghimpun informasi IPTEK tentang vektor, reservoir, bionomik dan dinamika penularan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang serta implementasi dari Penelitian dan Pengembangan Kesehatan yang berorientasi kepada kebutuhan klien diperlukan forum untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan penelitian dari klien maupun masukan terkait pelaksanaan kegiatan dan penelitian Tahun 2016 maupun perencanaan kegiatan dan penelitian Tahun 2017 berupa Rapat Kerja Balai Litbang P2B2 Banjarnegara Tahun 2016.

img_9160

Melalui kegiatan Rapat Kerja diharapkan dapat memberikan tambahan masukan bagi Balai Litbang P2B2 Banjarnegara dalam menentukan arah pengembangan institusi dan pelaksanaan kegiatan penelitian yang mendukung kebijakan kesehatan (evidence based policy) di tingkat propinsi maupun kabupaten. Besarnya tugas yang harus diemban oleh Balai Litbang P2B2 Banjarnegara, akan dapat tercapai dengan baik apabila didukung anggaran memadai, SDM yang tangguh, cekatan dan mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap Litbang serta sarana dan prasarana (laboratorium, ruang kerja, perpustakaan, peralatan, kendaraan) dengan kuantitas dan kualitas yang memadai, dengan demikian diperlukan suatu pedoman dalam bentuk Rapat kerja untuk menentukan arah pengembangan Balai di masa mendatang

Sesuai dengan harapan yang ingin dicapai, tema Rapat Kerja Balai Litbang P2B2 Banjarnegara Tahun 2016 adalah : “Komitmen Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Menuju Litbang yang Mendukung Program Kesehatan Berbasis Klien”

Kegiatan rapat kerja Balai Litbang P2B2 Banjarnegara dilaksanakan pada tanggal 20-22 April 2016 bertempat di studio Multimedia Balai Litbang P2B2 Banjarnegara dengan mengundang sebanyak 34 undangan yang berasal dari pusat, daerah maupun Perguruan Tinggi. Acara diawali dengan penampilan grup “Nyatus Band”. Tepat pukul 19.00 WIB acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua hadirin. Dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Raker yaitu Bapak Asyhar Tunissea, SKM, M.Kes. Tema Rapat Kerja tahun ini yaitu “Komitmen Litbang P2B2 Menuju Litbang yang Mendukung Program Kesehatan Berbasis Klien”. Beliau menyampaikan peserta yang telah hadir berjumlah 32 orang atau 97% dari 34 undangan. Sambutan selanjutnya oleh Kepala Balai Litbang P2B2 Banjarnegara Bapak Budi Santoso, SKM, M.Kes. Beliau menyampaikan pada bulan Februari Balai Litbang P2B2 Banjarnegara telah menyelenggarakan acara diseminasi informasi hasil-hasil penelitian mulai tahun 2013-2015 di Semarang, dengan mengundang lintas sektor baik para pemegang program di daerah maupun perguruan tinggi. Selain itu beliau juga menyampaikan jika di Balai Litbang P2B2 Banjarnegara memiliki paket wisata ilmiah, dari PAUD sampai dengan mahasiswa dan jika dirata-rata jumlah pengunjung wisata ilmiah dalam satu tahun berjumlah 1.600 orang. Setelah itu Kepala Balai juga memaparkan program kegiatan Balai Litbang P2B2 Banjarnegara Tahun 2016 secara umum. Kegiatan rapat kerja dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Litbang Upaya Kesehatan Masyarakat, Bapak drg. Agus Soeprapto, M.Kes.  Setelah acara sambutan dan pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Erfan Widiantoro, S.Ag.

Memasuki acara selanjutnya yaitu sesi paparan materi I oleh Kepala Pusat Litbang Upaya Kesehatan Masyarakat, dengan tema : Peran Litbang dalam Manajemen Pembangunan Kesehatan. Rapat kerja hari kedua dimulai pada pukul 08.00 WIB diawali dengan kunjungan ke mini galeri Balai Litbang P2B2 Banjarnegara yang bertempat di luar studio Multimedia. Dalam mini galeri ditampilkan kegiatan di tiap seksi dan subbag, serta koleksi tanaman pengusir nyamuk dan pemandul tikus. Setelah kunjungan ke mini galeri, acara selanjutnya yaitu pembacaan visi, misi dan nilai litbang oleh seluruh pegawai Balai Litbang P2B2 Banjarnegara yang dipimpin oleh Kapuslit UKM. Para pegawai juga melakukan penandatangan pakta integritas yang disaksikan oleh Kapuslit UKM dan seluruh tamu undangan.

 

Print Friendly, PDF & Email