Kunjungan Wisata Ilmiah Taman Kanak-kanak (TK) Pembina Madukara di Balai Litbang P2B2 Banjarnegara

Wisata ilmiah merupakan salah satu bentuk paket informasi yang dikemas dalam bentuk wisata yang bernuansa pengetahuan. Paket wisata ilmiah P2B2 (Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang) diperuntukkan bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Perguruan Tinggi (PT).

Pada tanggal 15 Oktober 2014 Balai Litbang Banjarnegara kedatangan 97 anak dari TK Pembina Madukara dengan 10 guru pendamping yang akan berwisata ilmiah ini dikemas sedemikian rupa sehingga menjadikan anak- anak bermain dengan nuansa ilmiah.

Beberapa informasi P2B2 dikenalkan dan dikemas dalam bentuk permainan antara lain tikus, nyamuk dan habitat berkembangbiaknya, melihat nyamuk di mikroskop, siklus hidup nyamuk dan lomba memindahkan jentik nyamuk menggunakan pipet. Anak-anak terlihat begitu antusias dan bersemangat mengikuti jalannya acara apalagi disediakan door prize menarik bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan.

Acara ditutup dengan pemutaran film nyamuk Demam Berdarah. Ibu Guru pendamping menyatakan puas dengan acara wisata ilmiah semacam ini dan merencanakan akan menjadwalkan kegiatan wisata ilmiah semacam ini setiap tahunnya. Mudah-mudahan kegiatan wisata ilmiah semacam ini bisa menjadi penyemangat bahwa banyak pengetahuan di luar sekolah yang harus terus kita gali sebagai modal untuk menggapai cita – cita anak bangsa.

Print Friendly, PDF & Email