Peningkatan Kelembagaan Loka Litbang Menjadi Balai

Peresmian peningkatan kelembagaan dari Loka Litbang P2B2 Banjarnegara, Jawa Tengah serta Loka Litbang P2B2 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan menjadi Balai Litbang P2B2 Banjarnegara dan Balai Litbang P2B2 Tanah Bumbu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia DR. dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH.PH. di B2P2VRP Salatiga. Peresmian tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan Peresmian Dunia Vektor dan Reservoir Penyakit Bersumber Binatang, Peluncuran Atlas Vektor Penyakit dan Pelaksanaan Seminar Nasional Tular Vektor dan Reservoir 2011 pada tanggal 16 September 2011. Selain itu, juga diresmikan Gedung Kantor, Laboratorium dan Studio Multimedia Balai Litbang P2B2 Banjarnegara oleh Kepala Badan Litbangkes yaitu DR dr Trihono, M.Sc.

Peningkatan kelembagaan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan No. 920/Menkes/Per/V/2011. Dengan demikian SK sebelumnya yaitu SK Menkes RI Nomor 1406/Menkes/SK/IX/2003 tentang kelembagaan Loka Litbang P2B2 Banjarnegara sudah tidak berlaku lagi. Dengan peningkatan kelembagaan tersebut maka eselonase meningkat menjadi eselon III b dengan jabatan struktural terdiri dari Kepala (Eselon III b), Sub Bagian Tata Usaha, Seksi Program dan Kerjasama, Seksi Pelayanan Penelitian (Eselon IV b).

Dengan perubahan kelembagaan tersebut kemampuan sumber daya manusia, kemampuan instalasi, dan pembenahan dari segi manajemen dan administrasi diharapkan semakin meningkat, sehingga penelitian yang dilakukan dapat lebih meningkat kualitasnya, meluas jangkauannya, dan dapat lebih dirasakan manfaatnya.

Print Friendly, PDF & Email